Wahai Muridku Ibadahmu Untukmu

Dimanapun saya mengajar, saya harus buat kesepakatan kepada para peserta didik. Kesepakatan ini memang di luar aturan sekolah. Akan tetapi, ini saya terapkan dengan niat agar mereka terbiasa dengan hal-hal positif untuk diri mereka sendiri dan bisa jadi bermanfaat untuk orang lain.

Kesepakatan yang dibuat diantaranya:

  1. Telat masuk maksimal 15 menit.
    Aturan ini untuk jam belajar di mata pelajaran saya, terkadang setelah bel masuk masih saja ada yang berleha-leha. Untuk itu sanksi yang di berikan untuk mendidik mereka agar disiplin. Karena jam belajar pada mata pelajaran yang saya ampuh ada yang 4 jam atau 6 jam, sanksi yang diberikan berupa scorsing 1 jam pelajaran.

  2. Wajib sholat 5 waktu
    Untuk 4 waktu sholat (Dzuhur, Ashar, Magrib, & Isya) memang saya tidak bisa memantau, minimal saya akan tanya tentang 1 waktu sholat yaitu sholat Subuh.


Kesepakatan itu untuk mereka sendiri, bukan untuk saya sebagai pendidik. Karena hidup tidak selamanya di dunia ini, untuk sampai akhirat yang baik harus ada persiapan semasa hidup. Untuk itu wahai muridku ibadahmu untukmu.

Comments