Soal dan Jawaban Sistem Informasi Manajemen #1

Latihan Soal essai dan jawaban materi Pengantar Sistem Informasi Manajemen

Soal :
  1. Definisi dari Sistem Informasi Manajemen (SIM) yaitu …
  2. Sebutkan enam buah komponen atau disebut juga dengan blok bangunan (building block) …
  3. Sebutkan konsep dasar SIM menurut Mc Leod …
  4. Ada tiga fakktor yang menyebabkan perkembangan SIM tidak berjalan dengan mulus, sebutkan ketiga faktor tersebut …
  5. Jelaskan perbedaan SIM dengan DSS ... 
  6. Apa yang dimaksud dengan Organisasi ... 
  7. Sebutkan lima kemampuan Sistem Informasi (SI) untuk Bisnis ...
  8. Sebutkan dan jelaskan Tiga tahapan pemanfaatan SI ...
  9. Ada lima strategi menuju Keunggulan Kompetitif, sebutkan ...
  10. Data adalah ...
Jawaban :
  1. Sistem Informasi Manajemen (SIM) didefinisikan sebagai suatu sistem berbasis komputer yang menyediakan informasi bagi beberapa pemakai dengan kebutuhan yang serupa. Informasi tersebut tersedia dalam bentuk laporan periodik, laporan khusus, dan output dari simulasi matematika.
  2. 1) Komponen input atau komponen masukan; 2) Komponen model; 3) Komponen output atau komponen keluaran; 4) Komponen teknologi; 5) Komponen basis data; 6) Komponen kontrol atau komponen pengendalian.
  3. SIM menurut Mc Leod : "Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi"
  4. 1) Kurangnya pengetahuan tentang komputer; 2) Kurangnya pengetahuan tentang bisnis dan keawaman spesialis informasi mengenai peran manajemen; 3) Peralatan komputer mahal dan terbatas.
  5. SIM adalah suatu sumberdaya organisasional yang dimaksudkan untuk menyediakan informasi pemecahan masalah bagi sekelompok manajer secara umum, sedangkan DSS dimaksudkan untuk mendukung satu orang manajer secara khusus.
  6. Organisasi adalah sekelompok orang yang bekerja bersama dalam suatu struktur yang terkoordinasi untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
  7. 1) Peningkatan produktifitas; 2) Pengurangan biaya; 3) Peningkatan pengambilan keputusan;
    4) Peningkatan layanan ke pelanggan; 5) Pengembangan aplikasi-aplikasi strategis yang baru.
  8. 1) Pengurangan Biaya dan Produktivitas (Cost Reduction and Productivity) yaitu ukuran output yang dicapai dibagi dengan kebutuhan input, sehingga mendapatkan hasil yang baik. Seperti (Output / Input) x 100% ; 2) Keunggulan Kompetitif (Competitive Advantage) yaitu manfaat jangka panjang yang signifikan dan (idealnya) yang memungkinkan perusahaan untuk bekerja lebih baik daripada pesaingnya; 3) Kualitas (Quality) yaitu kemampuan suatu produk (termasuk layanan) untuk memenuhi atau melampaui harapan pelanggan.
  9. 1) Strategi biaya; 2) Strategi diferensiasi; 3) Strategi inovasi; 4) Strategi pertumbuhan; 5) Strategi aliansi.
  10. Data adalah fakta-fakta mentah atau deskripsi-deskripsi dasar dari hal, event, aktivitas, dan transaksi yang ditangkap, direkam, disimpan, diklasifikasikan, tetapi tidak diorganisasikan untuk tujuan spesifik tertentu. Contoh : NIM, NPM, nilai test, kode mata kuliah, nama orang tua, jurusan.

Comments